Menyambut masa New Normal, Pemerintah Desa Pegalangan Kidul akhirnya kembali melaksanakan Posyandu setelah vakum beberapa waktu akibat pandemi virus corona (Covid-19).

Kegiatan tersebut di hadiri langsung oleh Camat Maron untuk memastikan bahwa kegiatan tersebut tetap tidak boleh mengabaikan protokol kesehatan yang telah ditentukan. Kegiatan ini  dapat dilakukan dengan tetap mematuhi prinsip – prinsip pencegahan COVID-19 yaitu menjaga jarak, cuci tangan, menjaga kebersihan dan menggunakan masker.

Sebelum kegiatan, penanggungjawab posyandu dan kader akan memastikan seluruh lokasi posyandu steril dari virus dengan mendisinfeksi area posyandu, menyiapkan tempat cuci tangan dengan sabun, dan thermal gun. Selain itu, petugas juga harus dipastikan menggunakan alat pelindung diri, sehat, dan tidak dalam keadaan batuk, pilek, atau demam.

Karena Posyandu memiliki peran penting dengan memberi pelayanan seperti imunisasi, menekan angka gizi buruk, stunting dan masalah kesehatan anak lainnya. Jadi, kegiatan tersebut dilaksanakan kembali agar dapat memantau tumbuh kembang anak.