Pada Rabu tanggal 12 Agustus 2020 kemarin, pemerintah Desa Pegalangan Kidul telah menyediakan alat kebersihan lagi yaitu tempat sampah organik dan non organik. Sebelumnya pemerintah desa telah menyediakan tempat sampah untuk warga, namun berbeda kali ini. Tempat sampah ini digunakan sesuai dengan warnanya, yaitu :
1. Hijau
Warna hijau berarti tempat sampah untuk benda yang mudah terurai seperti sisa makanan organik, sayuran, dedaunan dan lain-lain. Dalam tempat sampah berwarna hijau ini tidak diperkenankan untuk membuang batu, pasir, pot, selang, bongkahan kayu, dan alat berkebun. Ingat, warna hijau untuk benda yang mudah terurai, jadi jangan pakai kantong plastik untuk membungkus sampahnya. Buanglah sampah sisa makanan langsung ke tempat sampah atau bungkus menggunakan koran.
2. Kuning
Warna kuning adalah tempat sampah untuk benda yang bisa didaur ulang dan bersifat non organik seperti plastik, botol minuman dan lain sebagainya.
3. Merah
Digunakan untuk jenis sampah yang bahannya berbahaya / beracun seperti pembasmi serangga, detergen , pecahan kaca dan lain-lain
Pengelompokan sampah tersebut bermanfaat untuk mempermudah kita mendaur ulang sampah menjadi sesuatu yang berguna dan juga menjaga keselamatan ataupun kesehatan kita dari sampah yang berbahan berbahaya. Jadi mulai sekarang, mari kita budayakan memilah sampah terlebih dahulu sebelum membuangnya.