Pemerintah Desa Pegalangan Kidul menjalankan program Budidaya Ikan di Dalam Ember (Budikdamber) Sebagai bentuk ketahanan pangan keluarga.

Agar program Budikdamber dapat dijalankan dengan optimal dan berhasil kedepannya, Pemerintah Desa Pegalangan Kidul bekerja sama dengan PT PJB Paiton menyelenggarakan pelatihan.

Adapun dasar  dari  teknik ini adalah sistem akuaponik, yaitu menanam tanaman dan memelihara ikan dalam satu wadah. Prosesnya dimana tanaman memanfaatkan unsur hara yang berasal dari kotoran ikan yang apabila dibiarkan di dalam kolam akan menjadi racun bagi ikannya. Lalu tanaman akan berfungsi sebagai filter vegetasi yang akan mengurai zat racun tersebut menjadi zat yang tidak berbahaya bagi ikan, dan suplai oksigen pada air yang digunakan untuk memelihara ikan.

Progam ini dinilai efektif sebagai pemberdayaan masyarakat dan dapat dilakukan di rumah oleh masyarakat dengan memanfaatkan pekarangan atau lahan yang kosong.

Semoga dengan program ini masyarakat bisa berkembang secara Mandiri dan memanfaatkan budikdamber untuk ketahanan pangan keluarga.