Pemerintah Desa Pegalangan Kidul bersama kader PKK dan posyandu melakukan Study Banding ke Ke Glintung Go Green (3G) yang terletak di RW 23, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur pada tanggal 30 September 2020.

Glintung Go Green merupakan sebuah gerakan sosial untuk mempertahankan nilai-nilai luhur budaya kampung dan memperbaiki kondisi lingkungan dalam arti luas, sekaligus tetap menyerap nilai-nilai modern untuk memperkaya aspek sosial-ekonomi masyarakat.

Gerakan pertama yang dilakukan pertama kali adalah Penghijauan. Agar terwujudnya gerakan tersebut, maka ketua RW 23, Ir. H. Bambang irianto membuat sebuah peraturan terhadap warganya bahwa setiap rumah wajib memiliki tanaman hijau sebagai syarat untuk memperoleh layanan administrasi kependudukan.

Seiring berjalannya waktu akhirnya masyrakat memiliki kesadaran dan merasakan manfaat akan penghijauan dan bersama-sama berdiskusi untuk mengembangkan kegiatan 3G. Kini masyarakat berkembang ke tanaman yang dapat di konsumsi setiap hari seperti sayuran sebagai bentuk ketahanan pangan.

Masyarakat kelurahan malang ini memulainya dengan kegiatan yang sederhana atau memulainya dari yang gampang. Contohnya menanam bunga dengan pot seadanya seperti wadah nasi, botol bekas, bahkan kloset dan sepatu bekas.

Salah satu Program yang menjadi sorotan di Glintung Go Green ini adalah Water Banking Movement atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Biopori. Program ini ini diberi nama Gerakan Menabung Air (GEMAR) yang merupakan gerakan masyarakat dalam mencegah banjir dan kerkeringan.

Perubahan-perubahan yang terjadi ini memberikan dampak positif untuk masyarakat, dengan lingkungan yang asri, bersih dan bebas banjir. Kini masyarakat di RW 23, Kelurahan Purwantoro ini mampu menjadi warga yang mandiri dan inovatif.

Dengan adanya study banding seperti ini, harapannya warga Masyarakat Desa Pegalangan Kidul mampu menerapkan program-program desa lain yang telah berkembang dan sebagai wujud perbandingan untuk membangun desa menuju lebih baik.