Pemerintah Desa Pegalangan Kidul bersama Dinas Kawasan Pemukiman Dan Pertahanan Kabupaten Probolinggo akan membangun instalasi pengolahan air limbah (IPAL ) rumah tangga di RT 05. pipa yang akan  tersambung di warga tersebut adalah sebanyak 53 Rumah tangga.

Ipal adalah sebuah struktur yang dirancang untuk membuang limbah limbah biologis dan kimiawi dari air sehingga memungkinkan air tersebut untuk digunakan pada aktivitas yang lain. Limbah air yang boleh di salurkan di pipa tersebut seperti limbah  Air cucian dan kamar mandi. Hal yang dilarang dimasukkan dalam saluran tersebut adalah sebagai berikut :

  1. sampah yang dapat menyebabkan kemampetan pada saluran, minyak
  2. Minyak goreng yang dapat merusak saluran pipa menjadi cepat rapuh
  3. Putung rokok, pampes, dan rambut juga tidak boleh.

Diharapkan setelah terpasang IPAL tersebut warga mampu merawatnya dan menjaganya sebagai wujud kesadaran diri akan kepemilikan bersama. Beberapa cara yang dapat dilakukan warga untuk merawatnya seperti memastikan air hujan tidak masuk kedalam saluran tersebut agar tidak terjadi over penyimpanan penuh di penampungan IPAL, merawat kloset yang tersambung ke IPAL, melaporkan jika ada gangguan serta menjaga kebersihan.

Demi menjaga kerusakan atau kendala pada IPAL ini, Pemerintah Desa akan membentuk sebuah kelompok atau petugas untuk menangani permasalahan atau kerusakan yang mungkin terjadi dikemudian hari.

Program ini gratis dibiayai pemerintah daerah dan warga tidak dipungut biaya sepeserpun untuk pembangunan IPAL ini. Dan dengan adanya IPAL ini akan bermanfanfaat sekali untuk warga. Dengan adanya IPAL ini lingkungan akan menjadi bersih dan jauh dari penyakit karena tidak ada pembuangan limbah sembarangan ke lingkungan sekitar yang menyebabkan menjadi sarang perkumpulan nyamuk.