Kamis 7 Januari 2021, bertempat di kantor Desa Pegalangan Kidul telah diserahkan sertifikat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap atau PTSL oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Probolinggo.

Pada tahap pertama kemarin, sebanyak 145 sertifikat telah diserahkan. Tahap kedua akan diserahkan besok pada tanggal 14 Januari 2021 dengan jumlah 156 sertifikat.

Alasan kepala desa menempuh Program Sertifikat PTSL adalah karena sertifikat memberikan sebuah pengakuan atau legalitas hukum agar kepemilikan tanah tidak digugat lagi keabsahannya.

Di Sertifikat tersebut telah tercantum secara detail luas, lokasi dan sebagainya agar terbentuk kejelasan status dari kepemilikan tanah. Jadi siapapun yang ingin membatalkan hak dari kepemilikan tanah bisa dibantah dengan adanya sertifikat ini.

Program PTSL ini tergolong sangat murah bagi warga karena pembuatan sertifikat ini warga hanya di kenakan biaya 500.000. hal tersebut tergolong murah jika dibandingkan membuat sertifikat secara mandiri yang biayanya bisa sampai 10.000.000 .

Bagi warga yang tanahnya belum di sertifikat, silahkan dipersiapkan mulai sekarang karena tahun 2021 ini Bapak Kepala Desa Pegalangan Kidul berusaha untuk mengusulkan kembali program sertifikat PTSL.