Ide awal perubahan yang terjadi dipegalangan kidul muncul dari suara hati rakyat, yakni harapan yang tertulis dalam benak mereka untuk perubahan desa yang lebih baik. Salah satu suara yang sering didengungkan warga adalah kondisi lingkungan yang kumuh.

Kondisi lingkungan yang kumuh dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang sering ditemui di didesa pegalangan kidul pada saat itu.

Bapak Kepala Desa menjelaskan bahwa sebelumnya kasus demam berdarah dari tahun ke tahun terus meningkat. Penyebabnya adalah kondisi lingkungan yang tidak baik. Terdapat banyak sekali keluarga yang rumahnya belum terpasang IPAL. Sehingga kondisi tersebut menyebabkan lingkungan yang tidak sehat dan timbulnya sarang penyakit.

Sehingga dengan adanya permasalahan-permasalahan tersebut mampu menggugah pemerintahan desa dalam menentukan perencanaan untuk memberikan perubahan. Mulai dari pembangunan infrastruktur serta sosialisasi pola hidup bersih dalam masyarakat telah di dilakukan oleh pemerintah desa.

Saat ini Pemerintah Desa melalui Dinas Perkim kabupaten Probolinggo telah berhasil membangun IPAL Komunal di RT 05 sebanyak 56 Keluarga.

Dengan dukungan program pemerintah dan keikutsertaan masyarakat dalam membangun desa, hari ini warga desa pegalangan kidul telah dapat merasakan hasil perubahan yang terjadi dilingkungan masyarakat.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya kasus demam berdarah terus meningkat kini pada tahun 2020 telah turun drastis,yakni hanya terdapat 1 orang yang terjangkit penyakit demam berdarah. tentunya hal tersebut merupakan salah satu prestasi pemerintahan dalam upaya mengurangi penyakit demam berdarah.

Bapak Pilut Sasongko mengatakan bahwa tujuan program kampung iklim (PROKLIM) ini bukanlah sebagai ajang lomba melainkan hanya agar masyarakat dapat menikmati manfaat atau hasil dari program tersebut dan menerapkannya di kehidupan masyarakat. Terdapat banyak sekali manfaat dari PROKLIM ini seperti mengurangi dampak kekeringan, dapat menerapkan pola hidup bersih, pengurangan pengeluaran biaya rumah tangga dan lain sebagainya.

Kementrian lingkungan hidup dan kehutanan memberikan sebuah sertifikat atau piagam penghargaan semata-mata hanya untuk memberikan sebuah pengakuan atau menghargai atas kerja keras pemerintah dalam upaya mengikuti PROKLIM.

Desa Pegalangan Kidul telah banyak meraih prestasi dalam Program ini salah satunya adalah Lomba Desa Berseri Juara 1 Kabupaten Probolinggo dan Juara 2 Lomba video PROKLIM Nasional. Tentu hal tersebut merupakan kebanggaan bagi Desa Pegalangan Kidul dan menjadi sebuah motivasi untuk terus memajukan Desa.