Biogas solusi untuk limbah kotoran sapi

Sebagian masyarakat Desa Pegalangan Kidul  pada umumnya adalah seorang peternak, Pak kamit ini adalah salah satunya. Beliau merupakan peternak sapi yang dari dulunya belum mengenal biogas hingga saat ini memanfaatkan hasil limbah kotoran ternak menjadi biogas.

Perbedaannya sangat terlihat, sebelum mengenal biogas ia sering kali mendapat komplain dari tetangga karena pada saat itu ia selalu membuang limbah kotoran ternak tersebut ke aliran sungai. Dampaknya adalah sungai tersebut tercemar, karena pada saat itu sungai tersebut seringkali dijadikan tempat anak-anak kecil mandi.

Oleh karena itu Pemerintah Desa Pegalangan Kidul menggagas pemikiran bagaimana caranya mengatasi permasalahan tersebut. Lalu terciptalah ide pembuatan biogas. Dimana dengan adanya biogas tersebut selain mengatasi permasalahan pembuangan limbah kotoran sapi juga biogas tersebut dapat dijadikan energi terbarukan sebagai  pengganti BBM. Bukan hanya itu, Biogas di desa pegalangan kidul ini juga dimanfaatkan sebagai penerangan rumah.

Dengan bantuan alat-alat pembuatan biogas dari Pemerintahan Desa, kini sebanyak 6 peternak warga desa Pegalangan Kidul telah memiliki biogas.

Skills

Posted on

September 22, 2020

Submit a Comment